Rajinlah Mengkonsumsi 5 Jus Buah ini Untuk Mengencerkan Darah yang Membeku dalam Tubuh

Darah memiliki banyak manfaat terutama untuk mengangkut zat yang dibutuhkan tubuh sekaligus menyalurkannya pada seluruh organ lainnya. Namun sayangnya, peran darah tidak akan berjalan dengan baik saat darah mengalami yang namanya pembekuan. Hal ini juga berdampak pada datangnya beragam jenis penyakit.

Untuk membuat darah kembali encer, banyak cara yang bisa di lakukan. Dan cara termurah dan termudahnya adalah dengan memanfaatkan jus buah segar yang dapat ditemukan dengan mudah di lingkungan sekitar anda.
Berbagai jenis jus yang bisa mengencerkan darah

1. Buah kiwi

Buah pengencer darah yang pertama adalah buah kiwi. Buah kiwi yang dikonsumsi sebanyak 2 sampai 3 buah pada tiap harinya, mampu mengurangi resiko terkena tekanan darah tinggi. Hal ini dapat terjadi karena tingkat pembekuan darah dalam tubuh yang dapat dikurangi.

Cara menggunakan buah kiwi sebagai pengencer darah dapat dilakukan dengan menyiapkan kiwi sebanyak 1 buah. Selanjutnya kupas lalu potong kiwi dengan ukuran kecil dan blender dengan menambahkan air ke dalamnya. Tuangkan dalam gelas lalu konsumsi 2 kali dalam sehari.

Selain bermanfaat dalam mengencerkan darah, buah kiwi juga berperan dalam menyehatkan jantung sekaligus membantu program diet yang tengah dilakukan.

2. Jus anggur ungu/ merah

Buah sehat yang mampu encerkan darah selanjutnya adalah anggur merah atau anggur ungu. Manfaat anggur yang satu ini juga telah dibuktikan dalam studi di sebuah universitas yang menyatakan bahwa anggur ungu mengandung flavonoid kuat yang mampu mencegah terjadinya pembekuan darah.
Asalkan dkonsumsi secara tepat, buah yang satu ini mampu menunjukkan efek positif dalam membuat darah kembali encer. Dalam hal ini anda cukup mengonsumsi buah anggur sebanyak 5 hingga 7 butir pada tiap harinya.

3. Buah mangga

Kandungan vitamin E dalam buah mangga memiliki peran baik sebagai antikoagulan dalam tubuh. Adapun manfaatnya adalah sebagai penghambat trombosit saat jumlahnya terlalu tinggi.

Langkah penggunaan mangga sebagai pencegah penggumpalan darah bisa dilakukan dengan menyiapkan 1 buah mangga. Selanjutnya kupas dan potong mangga kecil-kecil. Blender dan tambahkan air supaya jus mangga tidak terlalu kental. Setelah jus jadi, anda bisa menuangkannya ke dalam gelas bersih lalu konsumsi sebanyak 1 kali dalam sehari.

4. Nanas

Buah dengan rasa manis dan sedikit asam ini mampu membuat darah kembali encer secara alami. Nanas mengandung zat sehat bernama Bromelain yang mampu meminimalkan resiko terjadinya pembekuan darah abnormal ataupun mengurangi terjadinya pembentukan plak pada arteri.

Mengencerkan darah dalam tubuh bisa dilakukan dengan cara membuat jus nanas lalu konsumsi setelahnya. Selain mengencerkan darah, buah nanas juga dapat digunakan sebagai bahan penurun kadar kolesterol yang tinggi di dalam tubuh.

5. Tomat

Buah tomat merupakan alternatif pengencer alami darah alami yang selanjutnya. Buah yang satu ini mengandung zat sehat seperti yang terkandung dalam buah nanas yakni bromelain.

Konsumsi buah tomat secara rutin pada tiap harinya, mampu meningkatkan asupan gizi dalam tubuh sekaligus menghindari terjadinya pembekuan darah.

Langkah pembuatan jus tomat bisa dilakukan dengan menyiapkan 3 buah tomat lalu iris menjadi beberapa potong setelahnya. Selanjutnya, blender tomat dengan menambahkan air ke dalamnya. Tuang ke dalam gelas yang bersih lalu konsumsi sebanyak 2 kali dalam sehari.

Bukan hanya berguna dalam mengencerkan darah, konsumsi beragam jenis jus di atas juga baik bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Selain mengonsumsi jus, anda juga bisa melakukan olahraga ringan untuk mengencerkan darah dalam tubuh. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan