Hindari Kebiasaan Berikut Yang Bisa Menyebabkan Depresi

Apabila Anda saat ini merasakan ┬ásedih berkepanjangan tanpa satu pun alasan yang jelas. Maka boleh jadi Anda mengalami depresi. Perlu Anda ketahui bahwa yang namanya depresi itu bisa saja terjadi tanpa Anda sadari yang merupakan akibat dari kebiasaan sehari – hari yang dilakukan. Jadi kebiasaan yang dilakukan sehari – hari dapat memicu resiko depresi.

Akhir – akhir ini yang namanya depresi sudah menjadi penyakit mental yang banyak di hadapi oleh khalayak umum. Diantara penyebab yang sering terjadi yaitu gaya hidup yang kompetitip, kehidupan yang tidak sehat, karena tekanan pekerjaan, sampai hubungan disfungsional.

Adapun pengertian dari depresi itu sendiri yaitu suatu keadaan seseorang yang menderita dan merasakan kesedihan yang mendalam sampai terjadi putus asa.

Yang namanya depresi janganlah di anggap sepele karena banyak kasus terjadi akibat dari depresi.

Lalu bagaimana cara agar terhindar dari depresi?

Menurut para ahli, agar terhindar dari depresi yaitu dengan cara merubah gaya hidup ke arah yang positif tertentu.

Depresi bisa menyerang siapa saja baik yang muda maupun yang tua. Jika depresi telah terjadi pada diri seseorang maka perlu di obati. Salah satu pengobatannya bisa dengan cara terafi. Namun bagi orang yang belum terserang depresi dan ingin menghindari dari depresi maka perlu menghindari penyebab depresi itu sendiri seperti di bawah ini :

1. Makan Makanan Olahan

Sebuah penelitian menunjukan bahwa apabila orang makan, makanan olahan contohnya seperti keripik, mie dan sebagainya setiap hari dapat memicu depresi, karena racun dalam makanan tersebut dapat menimbulkan perubahan pada otak.

2. Memakai Media Sosial Secara Berlebihan

Penyebab depresi lainnya yaitu pemakaian media sosial secara berlebihan. Hal ini berdasarkan penelitian yang menunjukkan bahwa berbagai macam media sosial yang di gunakan secara berlebihan bisa menimbulkan perubahan tertentu dalam otak yang bisa mengakibatkan depresi.

3. Menyendiri dan tidak bersosialisasi

Menghabiskan waktu dengan menyendiri selama beberapa waktu tertentu tanpa bersosialisasi dengan orang lain maka dapat menimbulkan depresi, hal ini karena menyendiri bisa menimbulkan pikiran negatif

4. Berada Dalam Lingkungan Negatif

Apabila Anda selalu bergaul dengan orang ya memiliki kepribadian jelek (negatif) dan pesimis, maka boleh jadi kepribadiam jelek (negatif) dan pemsis teman Anda tersebut bisa saja menular pada diri Anda, sehingga dapat menyebabkan depresi.

Jika Anda menghabiskan banyak waktu dengan orang berkepribadian negatif dan pesimis, sikap mereka mungkin menular pada Anda, sehingga bisa menyebabkan depresi.

5. Aktif Beraktivitas

Aktif dalam beraktivitas memang baik, tapi tanpa di imbangi dengan berolah raga itu tidak baik, karena bisa saja menimbulkam depresi. Alasannya adalah  kadar seotonin dalam otak bisa menurun apabila beraktivitasnya tidak di imbangi dengan berolah raga. Semoga bermanfaat!!!

 

Tinggalkan Balasan