Waspadai Jenis Kanker yang Sering Menyerang Anak Berikut Ini

Kanker bukan hanya meyerang orang dewasa saja, namun juga dapat menyerang anak-anak.Walaupun hanya kecil kemungkinannya, tetapi sebagai orang tua tentu harus tetap waspada.Kanker yang kerap menyerang anak, berbeda dengan yang terjadi pada orang dewasa, kebanyakan kanker pada anak terjadi karena perubahan struktur DNA orang tua mereka. Dengan berubahnya struktur DNA, sel-sel kanker akan berkembang dan menyerang anak-anak maupun bayi yang ada dalam kandungan.

Berbagai Jenis Kanker yang Sering Menyerang Anak

1. Leukimia

Leukimia atau biasa disebut dengan kanker darah merupakan jenis kanker yang sering ditemui menyerang anak. Lokasi penyerangan kanker pada sumsum tulang dan darah. Gejala yang dikeluarkan yaitu nyeri pada tulang dan sendi, pendarahan yang biasanya keluar dari dalam hidung, pembengkakan pada perut, demam tinggi, kulit pucat, badan lemas dan penurunan berat badan anak. Jika kanker darah tersebut tidak segera mendapat penanganan, hal yang terjadi ialah sel kanker tersebut dapat menjalar dan menyerang hati dan ginjal.

2. Kanker Mata

Kanker ini dikenal juga dengan nama Retinoblastoma. Kanker mata ini biasa ditemukan pada anak usia dua tahun. Gejala yang ditimbulkan yaitu pupil pada mata anak akan berubah warna menjadi putih ke merah mudaan atau biasa dikatakan sindrom mata kucing (white pupil) dan tingkat penglihatan akan berkurang, selain itu mata akan terlihat juling (strabismus) dan terjadi peradangan mata (cellulitis). Jika bola mata tampak menonjol (bupthalmos) keluar maka dapat dikatakan memasuki kanker tingkat lanjut.

3. Kanker Getah Bening

Kanker getah bening atau limfoma biasa menyerang anak yang usianya diatas lima tahun. Kanker ini ditandai dengan pembengkakan kelenjar getah bening yang tidak disertai rasa sakit ataupun nyeri. Anak laki-laki kemungkinan lebih besar terserang kanker getah bening ini, dengan presentasi sekitar 2,5 banding satu. Benjolan biasa ditemukan di daerah leher, ketiak, selangkangan atau pangkal paha, dan serta usus. Gelaja yang timbul yaitu sakit perut yang berlebihan, muntah, tidak bisa bernafas atau sesak, demam, tidak bisa buang air besar, berat badan menurun, dan berkeringat.

4. Kanker Otak

Kanker ini merupakan kanker yang sering menyerang anak dan kedudukannya sekitar 25%. Kanker ini dapat ditemukan pada lokasi yang berbeda-beda, namun lebih sering muncul pada bagian serebelum (otak kecil) dan nantinya akan menyerang sistem syaraf pusat. Kanker ini dapat menrusak struktur saraf pada otak karena terletak dalam rongga yang kecil yaitu rongga tengkorak. Gelaja yang biasa timbul yaitu mutah, sering tidak sadar, tubuh lemah, kejang, gangguan pada pengkontrolan tubuh lainnya.

5. Kanker Tulang

Terdapat dua jenis kanker tulang yang biasa menyerang anak yaitu, osteosarcoma yang ditandai dengan rasa sakit yang hebat pada tulang yang menyebabkan tulang membengkak. Jenis yang kedua yaitu ewing sarcoma yang ditandai dengan nyeri pada bagian tulang. Jenis ini biasa menyerang kaum laki-laki.

6. Kanker Saraf

Biasa dikenal dengan nama neuroblastoma merupakan kanker yang menyerang sel-sel saraf. Kanker ini juga dapat menyerang bayi yang masih dalam kandungan dan anak kisaran umur dibawah sepuluh tahun. Ciri yang timbul yaitu demam, nyeri pada tulang. Kanker ini biasa berkembang di daerang mata, rongga dada, leher, dan umunya di perut.

7. Tumor Wilms

Tumor ini menyerang anggota tubuh bagian ginjal. Kanker ini biasa diderita pada anak usia tiga sampai empat tahun. Gelaja yang biasa timbul yaitu pembengkakan perut, mual, hilangnya nafsu makan, dan demam.

8. Kanker Otot

Kanker ini biasa ditemukan di bagian seluruh otot dan umumnya pada bagian kepala, leher, kandung kemih, vagina, dan prostat. Gelaja yang ditimbulkan bergantung pada letak kanker, salah satunya di leher, dapat menyebabkan sumbatan nafas, keluar darah dari hidung, sulit menelan, dan radang sinus.

Nah, Itulah kedelapan kanker yang sering menyerang anak. Selalu perhatikan kondisi kesehatan buah hati anda, terlebih buat anda yang mempunyai riwayat kanker, yang di turunkan oleh orang tua anda.

Tinggalkan Balasan