Macam – Macam Penyakit Tulang Pada Manusia Yang Perlu Anda Ketahui

Tulang merupakan organ tubuh paling penting untuk melindungi seluruh organ internal dari kerusakan. Selain itu tulang juga berfungsi sebagai organ penggerak dalam tubuh manusia. Kerusakan yang terjadi pada tulang dapat mempengaruhi kinerja fungsi tulang yang mungkin saja tidak akan berfungsi secara optimal. Sehingga apabila itu terjadi dapat mempengaruhi seluruh rutinitas sehari – hari.

Kerusakan pada tulang bisa di sebabkan karena berbagai penyakit seperti penyakit berikut :

1. Osteoporosis

Osteoporosis atau tulang keropos merupakan penyakit yang dapat menyebabkan tulang mudah retak, rapuh atau patah.  Penyakit ini biasanya disebabkan karena kurangnya zat kapur/ kalsium pada tulang sehingga dapat menyebabkan tulang mudah retak atau patah. Umumnya penyakit osteoporosis ini menyerang orang yang lanjut usia terutama wanita.

Cara mengatasi penyakit osteoporosis yaitu dengan cara mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin D contohnya seperti susu dan ikan

2. Rematik

Rematik merupakan penyakit yang terjadi pada tulang yang menyebabkan rasa nyeri pada persendian. Penyakit rematik biasanya menyerang pada persendian kaki, tangan dan siku. Rasa nyeri pada persendian biasanya disertai pembengkakan pada sendi. Namun jangan dianggap sepele penyakit rematik ini karena jika tidak segera diobati bisa mengakibatkan berbagai macam komplikasi yang sangat berbahaya seperti jantung.

3. Rakitis

Rakitis merupakan suatu penyakit tulang dapat mengakibatkan pertumbuhan tulang menjadi terhambat. Timbulnya penyakit rakitis biasanya karena orang tersebut kekurangan vitamin D juga sinar matahari pagi. Ciri-cir dari orang yang memiliki penyakit rakitis bisa dilihat dari bentuk tulangnya berbentuk X atau O. Biasanya orang yang memiliki penyakit rakitis memiliki tulang yang lemah.

Cara mencegah timbulnya penyakit rakitis yaitu dengan cara mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin A dan sering-seringlah berjemur sambil olah raga dibawah sinar matahari pagi.

4. Polio

Penyakit polio merupakan penyakit tulang yang mengakibatkan kelumpuhan dan lama-kelamaan tulangnya bisa mengecil.

Cara mencegah timbulnya penyakit polio yaitu dengan cara memberi vaksin polio melalui mulut pada saat anak di bawah usia lima tahun.

5. Osteomalacia

Osteomalacia merupakan penyakit tulang yang disebabkan karena kekurangan vitamin D atau bisa juga karena metabolisme pada tubuh. Penyakit osteomalacia sebenarnya sama seperti penyakit osteoporosis yang dapat menyebabkan tulang mudah retak, rapuh atau patah.

6. Ricket

Ricket merupakan penyakit tulang yang di sebabkan karena penumpukan kalsium pada tulang atau bisa juga karena radiasi sinar matahari. Penyakit ricket biasanya terjadi pada usia anak-anak yang sedang mengalami pertumbuhan tulang.

7. Ankilosis

Penyakit ankilosis merupakan penyakit tulang yang mengakibatkan persendian menjadi tidak dapat digerakkan.

Gangguan Yang Terjadi Pada Tulang

Gangguan yang terjadi pada tulang biasanya terjadi akibat kebiasaan-kebiasaan posisi pada tubuh contohnya seperti posisi saat membaca, menulis, dan duduk.Kebiasaan posisi tubuh yang salah saat duduk, berdiri, tidur atau ketika memikul sesuatu yang berat dapat menyebabkan gangguan pada tulang. Contoh yang memiliki gangguan pada tulang seperti orang yang memiliki tulang punggung yang bungkuk, tulang kaki berbentuk O atau tulang kaki berbentuk X serta punggung yang condong ke kanan atau ke kiri.Agar lebih memahami masalah mengenai gangguan yang terjadi pada tulang silahkan simak uraian dibawah ini :

1. Kifosis

Kifosis gangguan yang terjadi pada tulang belakang membengkok kebelakang. Penyebab utama kifosis biasanya karena terbiasa duduk membungkuk atau bisa juga karena biasa membawa beban yang terlalu berat di punggung. Sehingga dapat menyebabkan badan menjadi bongkok.

2. Skoliosis

Skoliosis merupakan gangguan yang terjadi pada tulang belakang membengkok ke kiri atau ke kanan.Penyebab terjadinya skoliosis biasanya akibat kebiasaan membawa beban berat pada salah satu anggota gerak (bahu)

3. Lordosis

Lordosis merupakan gangguan tulang belakang membengkok ke depan. Penyebab terjadinya lordosis biasanya karena pernah terjatuh pada waktu kecil atau bisa juga karena terlalu sering duduk ke depan. Itu saja yang bisa saya sampaikan. Terimakasih.

Tinggalkan Balasan