Inilah Manfaat Tersembunyi Buah Ceri Untuk Kesehatan

Buah ceri merupakan salah satu jenis buah yang banyak di sukai anak-anak. Bentuknya yang imut dengan warnanya merah, serta rasanya yang manis, membuat buah ini begitu di gemari. Dan ternyata, di balik bentuk serta rasanya yang manis tersebut tersimpan banyak manfaat buat kesehatan.

Ciri – Ciri Buah Ceri

Buah ceri berbentuk bulat seperti kelereng. Biasanya berwarna hijau saat masih mentah. Kemudian menguning atau berwarna merah saat buahnya sudah masak. Dan apabila sudah masak rasanya sangat manis.

Kandungan Sehat Buah Ceri

Buah ceri memiliki kandungan anthosianin, yaitu pigmen berwarna merah dengan campuran ungu yang merupakan salah satu sumber anti oksidan alami dan juga buah ceri ini kaya akan gizi. Selain itu buah ceri juga mengandung energi dengan jumlah 60 – 63 Kkal per 100 gramnya serta mengandung banyak vitamin C, zat besi, protein lemak, karbohidrat dan juga kandungan glukosa.

Manfaat Buah Ceri Untuk Kesehatan

Dengan melihat kandungan baiknya yang begitu banyak di atas, tak heran jika buah kecil ini mangandung banyak manfaat bagi kesehatan manusia. Walaupun buah ini jarang di jual di pasaran, karena kurang memiliki nilai jual, namun nyatanya banyak sekali manfaat yang kita dapatkan apabila mengkonsumsi buah ceri dalam porsi yang tepat.

Dan diantara sekian banyak manfaat buah ceri tersebut, seperti yang kami sebutkan di bawah ini.

1.Kaya akan antioksidan

Buah ceri mengandung antioksidan yang dapat berkhasiat untuk sumber tenaga, melawan radikal bebas yang merupakan salah satu pemicu kanker. Buah ceri juga berkhasiat untuk mencegah penyumbatan darah karena mengandung senyawa glikisida antosianin.

2. Untuk detoksifikasi

Detoksifikasi adalah pengeluaran racun dari dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi buah ceri setiap hari dapat mengeluarkan racun di dalam tubuh, sehingga aman dan tidak menyebabkan efek samping. Karena detox ini dilakukan secara alami.

3. Bisa mengobatiasam urat dan nyeri sendi

Karena buah ceri mengandung antosianin, buah ini dapat mengatasi asam urat, dan juga keluhan nyeri persendian. Untuk itu, daripada mengkonsumsi obat penghilang nyeri yang seringkali mengandung efek samping, lebih baik rutin mengkonsumsi buah ini.

4.Untuk anti inflamasi

Buah ceri mengandung antosianin yang bermanfaat untuk anti inflamasi. Maka tak heran jika buah ceri ini dapat mencegah penyakit kronis, seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi atau diabetes.

5.Mengurangi keluhan nyeri otot

Penyakit yang di akibatkan karena kerja berat ini, juga bisa di sembuhkan dengan mengkonsumsi ceri. Itu karena pada buah ceri mengandung anti inflamasi yang berkhasiat untuk mencegah nyeri otot.

6. Membantu mempercantik kulit

Dengan rutin mengkonsumsi buah ceri dalam porsi yang cukup, maka kulit akan lebih sehat serta terhindar dari kerutan. Jadi bisa di bilang jika ceri ini bermanfaat untuk mencegah penuaan dini.

7. Membantu menangkal efek radikal bebas

Di atas telah di singgung jika buah ini kaya akan senyawa glikisida antosianin dan antioksidan, sehingga tak heran jika ceri juga berguna untuk menangkal efek radikal bebas.

8. Sebagai antibakteri

Peneliti menemukan adanya senyawa antibakteri yang terkandung dalam buah ceri. Sifat antibakteri buah ini pastinya juga sangat bermanfaat untuk tubuh. Agar tubuh kita menjadi lebih kuat dari gangguan bakteri tertentu yang dapat menyebabkan penyakit.

Nah di atas adalah segudang manfaat buah ceri untuk kesehatan kita. Namun begitu, buat anda penderita sakit maag ataupun lambung, disarankan untuk hati-hati saat mengkonsumsi buah ini. Sebab kandungan zat asam pada ceri terbilang lumayan tinggi.

Tinggalkan Balasan