Nicholas Kurniawan, Menjadi Jutawan Muda Dari Jualan Ikan

Namanya Nicholas Kurniawan, usianya memang masih sangat muda, namun siapa sangka di usianya saat ini Nicholas sudah berhasil menjadi jutawan. Selain itu ia juga cukup dikenal di kalangan pengusaha baik dari dalam maupun luar negeri. Lantas bisnis apa yang digeluti oleh anak muda ini?

Bisnis Nicholas bisa dikatakan tergolong unik dan sekilas terlihat sepele. Ya, Nicholas hanya menjalani bisnis sebagai penjual ikan. Namun ikan yang dijual bukan ikan untuk dikonsumsi, melainan ikan hias. Tak tanggung-tanggung, bisnisnya pun sudah merambah ke luar negeri. Nicholas sukses menjadi eksporter ikan hias ke beberapa negara seperti Singapura, Thailand, Hongkong dan beberapa negar di Eropa seperti Yunani, Belanjda serta Inggris.

Awal mula Nico menggeluti bisnisnya

Bagaimana Nico (sapaan akrabnya) memulai bisnis ini? Bisnisnya dimulai oleh Nico dari nol, semuanya dilakukan degan usaha sendiri. Terlahir dari keluarga yang kurang berkecukupan, memicu semangat Nico untuk bisa merubah nasib. Sejak kecil ia sudah memutar otak untuk bisa menghasilkan uang, mulai dari berjualan makanan dan minuman saat SD, berjualan mainan, pakaian, bahkan ikut bisnis MLM juga. Namun usahanya ini taka da yang bertahan lama.

Menjual ikan hias tak terpikirkan oleh Nico sebelumnya. Bisnis ini bermula saat ia dihadiahi ikan Garra Rufa—ikan terapi—oleh temannya. Sontak, otak bisnis Nico langsung bekerja, Nico lalu menjual ikan tersebut di sebuah forum jual beli online. Hanya dalam beberapa jam saja ikannya berhasil terjual dan sangat banyak yang menawar. Melihat peluang bisnis ini Nico langsung mencari supplier ikan dan mulai serius menjalani bisnis ikan hias. Tak ayal, dari penjualan ikan hias, Nico berhasil mendapatkan keuntungan 2 sampai 3 juta rupiah per bulan dari menjual ikan.

Jatuh bangun dalam menjalankan bisnis tentu kerap dirasakan oleh Nico. Pernah suatu ketika, Nico membeli ikan sebanyak 10.000 ekor untuk dikirimkan ke Medan, tapi karena terkendala masalah pengiriman, ikan tersebut tidak jadi dikirim dan akhirnya mati sat per satu. Tentu saja Nico mengalami kerugian yang cukup besar. Di lain waktu, Nico juga pernah ditipu sebesar 30 juta rupiah oleh partnernya sendiri, padahal uang itu akan digunakannya untuk membayar kuliah.

Simak juga : Kisah Sukses Chairul Tanjung, Berawal dari Toko Fotocopy Sampai Bisnis Raksasa

Namun rintangan-rintanga itu tak lantas membuat Nico berputus asa dan menganggap dirinya gagal. Ia selalu mengatakan pada dirinya sendiri bahwa dia hanya belum menemukan cara yang tepat untuk meraih kesuksesan.
Nico meyakini, jika kita mengerjakan sesuatu dengan fokus dan sungguh-sungguh maka kepercayaan dari orang lain dan kesuksesan akan mengikutinya. Ia percaya pada kekuatan yang dimilikinya, dan ia menggambarkan kekuatan itu dengan kalimat:

Kekuatan terbesar saya adalah kejujuran dan kesetiaan. Dan saya tidak pernah berbohong tentang apapun di bisnis saya. Saya juga akan bekerja lebih cepat dan memproduksi lebih banyak dari orang lain. Terakhir, saya adalah orang yang tekun dan tidak pernah menyerah pada semua tugas yang diberikan

Berkat usaha, kerja keras dan sifat pantang menyerah, akhirnya Nico bisa menikmati buah manis dari perjuangannya sendiri. Saat ini Nico dikenal sebagai entrepreneur muda dan ia juga mempu menghasilkan pendapatan hingga ratusan juta rupiah. Fantastis sekali bukan? Bagimana, apakah Anda juga ingin mencoba menjadi tukangjual ikan seperti Nico?

Semoga kisah sukses di atas bisa bermanfaat dan menginspirasi kita untuk selalu berusaha dan pantang menyerah demi menggapai impian.

 

Tinggalkan Balasan