Penting, Pikirkan Beberapa Hal Ini Sebelum Menulis Artikel Blog

Buat Anda yang baru menekuni dunia blogging atau sudah lama nge-blog tapi belum optimal menghasilkan tulisan yang bagus dan banyak dicari orang, maka sebaiknya Anda perlu mulai memikirkan kualitas tulisan Anda. Berbicara mengenai kualitas tulisan, mungkin akan sangat relatif sekali, tergantung pada target pembaca kita. Jika kita nge-branding blog kita sebagai blog sastra, maka standar tulisan yang dipakai tidak bisa disamakan dengan blog yang isinya curahan hati penulisnya.

Tapi, apapun branding dari tulisan kita, kita tetap perlu menekankan yang namanya kualitas, sehingga jika ada yang berkunjung ke blog kita lalu membaca tulisannya, maka diharapkan ia akan betah berlama-lama dan akan kembali lagi mengunjungi blog kita. Dengan jumlah pengunjung yang banyak dan rajin meninggalkan jejak inilah yang pada akhirnya membuat blog kita memiliki reputasi dan rating yang baik.

Hal-Hal Yang Perlu di Perhatikan Sebelum Menulis Artikel

Untuk menghasilkan kualitas artikel blog yang baik, maka sebelum menulis dan sebelum memposting ke blog, kita perlu memikirkan beberapa hal penting tentang penulisan artikelberikut ini.

Mengapa Anda Memilih Tema Tersebut Untuk Dijadikan Bahan Tulisan?

Sebelum kita menulis, maka hal pertama yang perlu kita lakukan adalah menentukan tema. Penentuan tema ini akan membantu fokus kita dalam menulis dan mencari bahan tulisan. Tema ini bisa kita ambil dari kehidupan keseharian, atau disesuaikan dengan branding dari blog kita. Jika branding blog kita mengenai kehidupan rumah tangga dan pernikahan, maka tema utama yang perlu kita angkat adalah mengenai hal-hal yang berkesesuaian dengan hal itu.

Nah, jika Anda sudah mendapatkan temanya, maka jangan buru-buru menulis dulu, karena sebelum menulis Anda perlu memikirkan alasan kenapa memilih tulisan tersebut untuk blog Anda. Jika tau alasannya, maka Anda akan lebih menjiwai ketika menulisnya.

Apakah temanya sudah banyak ditulis oleh orang lain?

Ketika urusan menentukan tema telah selesai, maka Anda pun perlu memikirkan apakah tulisan ini sudah banyak ditulis orang atau belum. Jika tema tersebut sudah banyak ditulis orang, maka saat menulis Anda bisa merujuk pada tulisan-tulisan yang sudah ada. Tujuannya apa? Agar kita bisa menemukan sesuatu yang berbeda, sekalipun kita menulis tema yang sama.

Apakah Tema itu Benar-Benar Anda Kuasai?

Satu hal penting yang perlu Anda pertimbangkan dalam pemilihan tema adalah penguasaan materi. Jangan sampai anda memilih tema yang Anda tidak kuasai. Hal ini akan membuat Anda pusing sendiri, dan pada akhirnya tulisan Anda jauh dari kata berkualitas.

Adakah Sudut Pandang yang Unik Dari Tulisan Anda?

Jika modal Anda dalam menulis artikel hanya sekedar keterampilan membuat tulisan saja, maka bisa dipastikan Anda hanya akan menghasilkan tulisan yang biasa saja. Karena zaman sekarang, dengan kemudahan informasi, banyak orang yang mendadak bisa jadi penulis. Oleh karena itu, Anda harus pandai-pandai mengambil sudut pandang yang unik ketika menulis. Sehingga sekalipun Anda menulis tema yang sama, namun tulisan Anda tetap memiliki keunikannya sendiri.

Apakah Tema Tersebut Banyak Dicari orang?

Jika blog Anda ingin banyak pengunjungnya, maka sebelum menulis artikel blog, Anda perlu melakukan riset. Apa tujuan dari riset ini? Tujuannya supaya Anda mengetahui tema-tema apa yang saat ini banyak dicari orang. Jika tema itu banyak dicari orang, maka kemungkinan besar blog Anda akan dikunjungi akan semakin besar pula.

Nah, silahkan menerapkan beberapa tips atau langkah di atas agar artikel blog anda banyak pembacanya. Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan