Pesona Eksotis Wisata Alam Gunung Bromo di Jawa Timur

Gunung bromo merupakan salah satu gunung berapi yang masih aktif hingga saat ini, Gunung yang terletak di daerah Jawa Timur, dengan ketinggian 2.329 meter diatas permukaan laut ini, sangat indah pemandangannya. Terdiri dari lembah dan ngarai dengan lautan pasir yang luasnya sekitar 10 kilometer persegi, menjadikan gunung ini sebagai salah satu objek wisata yang favorit yang bukan hanya di gandrungi wisatawan lokal tetapi juga wisatawan mancanegara.

Dan bukan hanya pemandangan alamnya yang mempesona, keberadaan masyarakat tengger yang merupakan penduduk asli gunung bromo, yang kerap mengadakan ritual upacara di gunung tersebut, semakin membuat gunung ini banyak di minati dan di kagumi para wisatawan.

Berbagai View Point untuk melihat keindahan di gunung bromo

Keindahan pesona alam yang di suguhkan gunung bromo memang tak perlu di ragukan lagi. Para wisatawan yang menghabiskan waktu liburan di lokasi tersebut, dapat dengan puas melihat pesona eksotis matahari terbenam maupun terbit dari Puncak Penanjakan. Titik ini merupakan posisi terbaik melihat keindahan sunset dari puncak gunung bromo. Selain dari puncak penanjakan, wisatawan juga dapat melihatnya dari bukit cinta dan seruni point.
Berikutnya wisatawan bisa mengunjungi keindahan kawah gunung bromo dengan berjalan kaki atau menyewa kuda dari penduduk setempat. Pada umumnya wisatawan lebih memilih untuk berjalan kaki, sembari berselfie ria menikmati jengkal demi jengkal keindahan yang ada. Selain lebih puas menikmati keindahan alamnya, berjalan kaki dapat menghemat biaya yang di keluarkan, karena kalau menyewa kuda, tentunya harus mengeluarkan sejumlah uang.
Salah satu tempat favorit di gunung bromo adalah daerah lautan pasir atau sering disebut pasir berbisik. Di sana para wisatawan bisa menunggangi kuda dan berkeliling di area lautan pasir, atau juga berjalan kaki sembari mendengarkan bisikan suara pasir yang tertiup oleh angin. Dan bahkan karena pesonanya tersebut, lautan pasir di bromo ini sering dijadikan lokasi pembuatan film-film nasional yang diperankan sederetan artis ternama.

Rute perjalanan menuju Gunung Bromo

Terdapat 4 rute yang bisa di pilih salah satunya oleh wisatawan untuk menuju ke Gunung Bromo.
Rute pertama melalui jalur selatan yaitu Lumajang. Jalur ini banyak dipilih oleh para pengendara sepeda motor karena medannya cukup terjal dan sangat cocok untuk berpetualang dengan motor trail.
Rute kedua memalalui jalur Tumpang, Malang. Perjalanan dari Tumpang akan menuju desa Bulak Klakah, melewati Lumajang dan berakhir di padang savana gunung bromo. Jalur ini juga hanya cocok untuk pengendara sepeda motor, karena cukup terjal.

Rute ketiga melalui daerah Pasuruan, dimana anda akan berjalan menuju kecamatan Wonorejo, kecamatan Waru Dowo dan kecamatan Tosari. Dari Tosari berjalan terus menuju desa Wonokitri hingga sampai di daerah penanjakan Gunung Bromo.

Rute terakhir melewati pintu barat yaitu Probolinggo. Rute ini bisa dilalui oleh kendaraan roda empat karena tidak terjal seperti rute yang lain. Dari Probolinggo akan berjalan menuju kecamatan Tongas, kecamatan Lumbang, kecamatan Sukapura dan berakhir di desa Cemoro Lawang.

Tips berwisata di Gunung Bromo

Berikut adalah tips berwisata di Gunung Bromo yang perlu diperhatikan, agar perjalanan wisata menyenangkan
• Pilih waktu yang tepat sebelum berwisata ke Gunung Bromo.
• Persiapkan perlengkapan pribadi seperti pakaian dan obat – obat jika sebagai pertolongan pertama.
• Tentukan rute perjalanan yang sesuai dengan kendaraan anda
• Pastikan kondisi tubuh dalam keadaan baik, karena perjalanan menuju gunung bromo membutuhkan energi yang banyak.

Nah, itu dia ulasan mengenai pesona keindahan gunung bromo dan berbagai rute terbaik menuju bromo. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi buat yang membutuhkan.

Tinggalkan Balasan