Inilah Rahasia Menulis Artikel Blog yang Enak dan Nyaman di Baca

Sebagai seorang blogger, Anda harus bersahabat dengan pembaca. Bukan hanya semata Anda berkunjung balik ke blognya pembaca saja lho ya! Tapi Anda pun perlu memenuhi kebutuhannya mendapatkan tulisan yang nyaman dan enak dibaca. Jadi Anda tidak boleh semena-mena, walaupun itu adalah blog pribadi Anda sendiri. Namun, ketika Anda sudah melemparnya ke ranah publik, maka blog Anda bukan lagi milik Anda saja.

Blog yang Enak dan Nyaman dibaca tidak serta merta bisa kita hasilkan, tanpa kita memperhatikan kaidah cara-cara penulisan. Untuk mendapatkan artikel blog yang seperti ini, blogger memang membutuhkan fokus dan usaha yang lebih keras, nggak asal nulis dan idealnya memperhatikan kaidah-kaidah penulisan.
Nah, supaya Anda punya bekal untuk menulis Artikel blog yang enak dan nyaman dibaca, bagaimana kalau kita bongkar rahasia penulisannya disini, setuju? Silahkan disimak.

Dimulai Dengan Judul yang Menarik

Seenak dan senyaman apapun isi sebuah artikel blog, tidak akan ada gunanya jika judulnya tidak merangsang orang untuk membaca artikel tersebut. Kenapa begitu? Karena judul adalah pintu gerbang pembaca untuk masuk ke dalam tulisan. Kalau pintunya saja tidak didatangi orang, bagaimana isinya mau dilihat orang, benar nggak?
Oleh karena itu, sebisa mungkin buatlah judul tulisan yang menarik, yang unik, yang membuat orang penasaran dan tentunya yang membuat orang ingin membaca tulisan Anda. Intinya sih, buat judul sekreatif mungkin.

Antarkan Pembaca Masuk ke Dalam Tulisan Anda

Sebagai tuan rumah yang baik, maka Anda perlu mengantarkan pembaca masuk ke dalam tulisan. Sehingga Anda perlu membuat prolog untuk menyambut pembaca. Prolog ini tidak perlu panjang, buatlah prolog yang singkat dan padat, namun membuat pembaca semakin penasaran untuk terus membaca tulisan Anda.

Berilah Contoh-Contoh Konkret yang Ada Hubungannya Langsung Dengan Penulis

Saat menulis bagian isi tulisan, sekali waktu Anda perlu menyisipkan contoh-contoh konkret yang menguatkan penjelasan Anda. Contoh-contoh konkret ini sebaiknya yang ada hubungannya langsung dengan Anda, sehingga pembaca akan merasakan ruh tulisannya lebih hidup. Tapi berhati-hatilah dengan informasi pribadi yang disisipkan, jangan sampai mendominasi dan nggak nyambung dengan tema tulisan.

Pergunakan Format Rata Kiri Kanan

Kenyamanan saat membaca tulisan tidak hanya ditentukan oleh gaya bahasa ataupun bahasan dari tulisan semata. Tata letak dari tulisan di laman blog pun perlu kita perhatikan. Jadi Anda perlu berkenalan lebih dekat dengan sistem pengaturan halaman di dashboard blog Anda. Salah satunya mengunakan format pengaturan rata kiri kanannya. Bagaimana, Anda bisa kan menggunakan format pengaturan rata kiri kanan?

Beri Jarak Antar Paragraf

Biasanya orang tidak akan menghabiskan waktunya berlama-lama untuk membaca tulisan di blog. Sehingga mereka butuh tulisan yang mudah dan cepat untuk dibaca. Paragraf-paragraf yang panjang akan sangat dibenci oleh mereka. Begitu pula dengan tulisan yang tidak ada jarak antar paragrafnya atau menggunakan model paragraf yang menjorok ke dalam.

Jika kesan dari blog Anda buruk di mata netizen, maka biasanya mereka akan menandai dan kapok untuk datang kembali. Apalagi kalau Anda ikut lomba blog, jurinya pasti langsung menyisihkan tulisan Anda. Bukankah hal seperti ini merugikan Anda sendiri?

Sub Heading Akan Membantu Saat Membaca

Sebagai seorang blogger yang baik, maka kita perlu membantu netizen mendapatkan informasi secara sepat dari tulisan kita. Nah, untuk tujuan itu, sebaiknya kita menggunakan sub heading, agar pembaca bisa mendapatkan informasi dengan cepat walaupun hanya membaca sekilas. Nah, selamat mencoba tips di atas dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan