Trik Membuat Judul Artikel Blog yang Menarik Bagi Pembaca

Sebagai penulis artikel atau penulis blog, maka Anda perlu menjaga kualitas tulisan, walaupun Anda bisa dengan bebas mem-posting tulisan di blog pribadi Anda. Saat menulis, idealnya Anda mematuhi EYD, tata bahasa yang baik, gaya bahasa yang sesuai dengan segmentasi pembaca, hingga hal-hal teknis yang berkaitan dengan SEO blog Anda.

Di samping itu semua, ada satu hal lagi yang sangat penting untuk diperhatikan agar pembaca tertarik membaca artikel Anda. Hal penting apakah itu? Hal penting itu adalah judul dari artikel yang anda buat. Ibarat sebuah toko, judul ini adalah etalasenya. Etalase yang pada akhirnya membuat orang tertarik untuk masuk ke toko dan melihat-lihat produk yang Anda jual. Dan di dalam artikel, Anda sedang menjual ide-ide dan pesan yang disampaikan lewat tulisan.

Walaupun membuat judul itu kesannya sederhana, karena hanya terdiri dari beberapa kata, namun Anda perlu mempertimbangkan daya tariknya. Nah, penasaran bagaimana cara membuat judul yang bagus dan memiliki daya tarik kuat untuk di baca? Berikut jawabannya.

Judul yang Membandingkan

Jenis judul yang bisa Anda pilih sebagai judul salah satunya adalah judul yang membandingkan. Alasan logis kenapa menggunakan judul dengan model seperti ini, karena otak manusia itu secara otomatis akan melakukan perbandingan, menganalisa sebab akibat, dan memikirkan sesuatu yang berkebalikan.
Nah, belajar dari cara kerja otak manusia yang seperti ini, maka kita bisa membuat judul yang isinya perbandingkan. Misalnya saja dengan menggunakan kata pro-kontra, besar-kecil, kelebihan-kekurangan, keuntungan-kerugian, dan lain sebagainya.

Menggunakan Kata Rahasia di Dalam Judul

Sesuatu yang membuat penasaran, biasanya memiliki daya tarik sendiri. Dan ini pun berlaku pada judul. Judul yang penuh misteri dan membuat orang penasaran, biasanya akan lebih dilirik oleh pembaca. Seperti apa sih judul yang membuat orang penasaran itu? Misalnya saja menggunakan kata Rahasia di dalam Judul, contohnya: “ Rahasia Menjadi Milyarder Dalam 29 Hari”

Penggunaan Kata-Kata Berbau Negatif Pada Judul

Percaya atau tidak, berita buruk atau yang jelek-jelek itu lebih mudah tersebar dibandingkan berita yang baik-baik. Mengacu pada hal ini, maka kita bisa membuat judul dengan sesuatu yang memiliki kesan negatif atau berbau-bau negatif. Tapi ini kesannya saja ya, bukan berarti kita menulis dan menyebarkan pesan negatif di dalam tulisan. Ini hanya strategi untuk menarik pembaca saja.

Bukankah cara seperti ini merupakan bentuk pembohongan publik? Tentu saja tidak, karena yang kita bangun adalah kesan pada judulnya saja, sedangkan isi dari tulisannya tetap menyampaikan pesan yang baik dan benar. Misalnya saja seperti; “Rezeki Anda Seret? 4 Hal ini Mungkin Akan Membantu Mengatasi Masalah Anda”

Sesuatu yang Lucu Juga Bisa Digunakan Untuk Judul

Kalau dilihat pola-pola judul yang banyak di-klik orang di mesin pencari, maka kita bisa menyimpulkan, bahwa sesuatu yang menarik itu adalah sesuatu yang membuat penasaran, membuat orang berdecak kagum atau membuat orang tertawa saat membaca judulnya.

Wah, ternyata judul yang lucu bisa juga lho menarik minat pembaca? Judul yang lucu itu seperti apa sih? Judul yang lucu itu misalnya seperti ini: “Kamu Sedih? Membaca Ini Tidak Akan Membuat Kamu Bahagia lho, Coba Saja Kalau Tak Percaya!”.

Sekilas, judul itu memang hanya sederet kata-kata saja, namun kalau dilihat dari sudut psikologi, judul itu bisa dijadikan sebuah magnet yang kuat guna menarik para pembaca. Jadi pastikan judul yang anda buat, benar-benar telah di pertimbangkan secara mendalam.

Tinggalkan Balasan