Ini Dia 10 Tips Aman Mendaki Gunung Rinjani yang Harus Anda Ketahui

Gunung Rinjani adalah gunung yang sangat terkenal di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung ini memiliki ketinggian 3.726 mdpl dan merupakan gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia yang sekaligus di jadikan sebagai Taman Nasional. Gunung Rinjani merupakan gunung favorit bagi para pendaki gunung di seluruh Indonesia. Banyak para wisatawan baik dari dalam Lombok, luar daerah Lombok hingga mancanegara mendaki di gunung ini, karena selain menantang, keindahan alamya juga sangat mengagumkan.

Tips Penting Saat Mendaki Gunung Rinjani

Setiap tahun pengujung kawasan wisata nasional Gunung Rinjani ini selalu bertambah. Selain karena panorama yang sangat indah, di gunung rinjani juga terdapat beraneka ragam binatang dan tanaman yang masih asli. Namun jangan salah, dibalik segala pesona yang dimilikinya, gunung ini telah banyak memakan korban jiwa. Biasanya itu terjadi karena para pendaki yang tidak mempersiapkan diri dengan baik, fisik yang lemah atau berbagai kemungkinan lainnya.

Nah, untuk itu, sebelum memutuskan mendaki gunung Rinjani, ada baiknya untuk menyimak beberapa tips di bawah ini. Agar jangan sampai terjadi hal-hal buruk yang tidak di inginkan.

1. Pilihlah waktu yang tepat, seperti bulan maret – agustus, dan hindari mendaki pada saat high season yaitu sekitar pertengahan agustus, libur panjang, dan tahun baru, karena saat kawasan ini sangat ramai oleh pengunjung dan anda tidak akan puas dengan perjalanan.

2. Jika terpaksa mendaki saat high season, sebisa mungkin memesan guide terlebih dahulu, sebaiknya sebulan sebelumnya atau seminggu sebelumnya agar tidak kehabisan porter/guide karena pendakian ke gunung rinjani cukup berbahaya dan sulit, kita diperbolehkan saja jika tidak menggunakan jasa guide apabila sudah pernah mendaki ke gunung rinjani dan sudah hafal medan yang harus dilalui. apabila kita tidak mendapatkan guide, maka sebaiknya anda kerjasama team saat mendaki, atau apabila berpapasan dengan rombongan lain, anda juga bisa mengikuti mereka agar tidak tersesat. Hal ini sangat penting karena mengingat kawasan gunung Rinjani ini sangat luas.

10 Tips Aman Mendaki Gunung Rinjani yang Harus Anda Ketahui
Sumber Foto : liputan6.com

3. Mendaki di gunung rinjani setidaknya membutuhkan waktu 4-5 hari, jadi sebelumnya siapkan dulu stamina anda, bisa dengan rajin berolahraga seminggu sebelum mendaki agar tubuh tidak drop dalam perjalanan menuju puncak. Persiapkan pula mental anda untuk mendaki di dalam perjalanan yang bermedan sulit.

4. Pastikan pula anda mempersiapkan peralatan mendaki seperti, gaiter, treking pole, sarung tangan, baju hangat, jas hujan, alas tidur, dan lainnya. Sebaiknya bawa juga peralatan makan, memasak, P3K, makanan dan juga alat safety lainnya seperti senter dan headlamp.

5. Jika anda hobi memancing, bawalah alat pancing untuk memancing ikan di danau segara anak, apabila kita datang disaat musim yang tepat maka akan sangat mudah mendapatkan ikan di segara anak.

6. Dalam perjalanan anda tidak direkomendasikan untuk turun tanpa perlengkapan alat panjat atau turun tebing.

7. Sebagai pendaki, anda hanya boleh melakukan pendakian sampai puncak selatan 3.575 Mdpl.

8. Sebaiknya hindari perjalanan malam hari. Karena akan sulit untuk melalui medan dan anda akan membutuhkans enter dan headlamp yang dapat membuat baterainya cepat habis. Sebaiknya jika keadaan sudah gelap, anda mencari tempat yang aman dan nyaman untuk istirahat dan mellanjutkan perjalanan keesokan paginya.

9. Pastikan diri anda terdaftar di buku tamu TNGR / Simaksi, hal ini penting agar anda dapat terdeteksi jika ada hal hal yang tidak diinginkan terjadi

10. Dan jangan lah membuang sampah sembarang di kawasan ini, bawa turun kembali sampahmu.

Demikianlah di atas beberapa tips mendaki gunung rinjani yang aman dan sebaiknya anda perhatikan. Semoga bermanfaat. Simak juga Pesona Tersembunyi Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang Jawa Timur