Pesona Air Terjun Benang Stokel di Lombok Tengah

Dari sekian banyak wisata air terjun pulau Lombok, ada salah satu nama air terjun yang bisa membuat setiap pengunjung langsung jatuh cinta saat mengunjunginya. Dan nama air terjun tersebut adalah Air Terjun Benang Stokel yang terletak di Lombok Tengah. Nah, untuk mengobati rasa ingin tahu Anda, berikut kami bagikan reviewnya untuk Anda.

Lokasi Air Terjun Benang Stokel

Air Terjun Benang Stokel terletak di Lombok Tengah, lebih tepatnya di Pemotoh, Desa Aik Berik, Kecamatan Batu Keliang. Air terjun ini masih termasuk dalam kawasan Wisata Taman Nasional Gunung Rinjani dan berada cukup dekat dari Kota Mataram, dimana jarak antar keduanya hanya terpaut kira-kira 30 kilometer yang bahkan bisa Anda capai dalam waktu sekitar 45 menit saja.

Perjalanan Menuju Air Terjun Benang Stokel

Jika Anda memulai perjalanan dari Kota Mataram, Anda bisa menembuh rute Narmana – Sedau – pertigaan Desa Pancor Dao – pertigaan Pasar Teratak. Setelah Anda tiba di pertigaan Pasar Teratak ini silahkan Anda belokkan kendaraan ke arah kiri untuk kemudian masuk ke jalan pedesaan.

Jalan pedesaan yang harus Anda lalui ini adalah jalanan yang sudah beraspal namun di beberapa tempat terdapat lubang sehingga Anda harus tetap mempertahankan konsentrasi Anda. Jalanan ini juga merupakan jalanan yang sempit sehingga hanya cukup dilalui oleh 2 kendaraan yang sedang berpapasan.

Pesona Air Terjun Benang Stokel di Lombok Tengah

Setelah Anda sampai di pintu masuk lokasi Air Terjun Benang Stokel, Anda bisa memarkirkan kendaraan Anda disini sekaligus membayar biaya parkir dan tiket masuk. Setelah itu, baru Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menyusuri hutan di atas jalan setapak yang menurun dan panjangnya kira-kira 500 meter. Nah, setelah Anda melalui jalan setapak yang menurun ini, barulah Anda akan sampai di Air Terjun Benang Stokel.

Satu info penting lagi untuk Anda yang hendak berkunjung ke air terjun ini, sebaiknya Anda tidak sungkan-sungkan untuk bertanya pada penduduk mengenai lokasi air terjun, karena di persimpangan jalan masih belum dipasang penunjuk arah yang bisa menuntun Anda.

Keistimewaan Air Terjun Benang Stokel

Nama ‘Benang Stokel’ yang disematkan pada air terjun ini berasal dari Bahasa Sasak, dimana artinya adalah ‘seikat benang’. Hal ini sesuai dengan kondisi air terjun itu sendiri yang memang tampak seperti kumpulan benang yang kemudian diikat menjadi satu di ujung bagian atasnya.

Uniknya, terjunan air ini terbagi menjadi 2 dan ketinggiannya mencapai 30 meter, dimana terjunan air yang sebelah kanan debitnya lebih kecil dibandingkan dengan terjunan air yang di sebelah kiri, dan di bawah kedua terjunan air ini terdapat kolam kecil yang menjadi tempat penampungan air yang jatuh dari atas.

Ingin mandi? Kolam kecil itulah tempatnya. Jangan sia-siakan kesempatan Anda saat berhasil mencapai Air Terjun Benang Stokel ini tanpa merasakan kesegaran airnya, apalagi terdapat kepercayaan bahwa air terjun ini bisa mengatasi rambut rontok serta bisa mempercantik kulit.

Tetapi sayangnya fasilitas yang berupa kamar ganti di sekitar air terjun ini tidak bisa dikategorikan layak, sehingga Anda pun harus berpuas diri dengan kamar ganti yang seadanya.

Nah, itulah penjelasan kami mengenai Air Terjun Benang Stokel, dan perlu Anda tahu bahwa jika Anda meneruskan perjalanan lebih ke atas Anda akan menemukan air terjun lain yang tak kalah cantik, yakni Air Terjun Benang Kelambu.